Motivasi

Apakah Bisa Kita Hidup Tanpa Candu?

Goldenadi Goldenadi
Agustus 18, 2023
0 Komentar
Beranda
Motivasi
Apakah Bisa Kita Hidup Tanpa Candu?

 

Apakah Bisa Kita Hidup Tanpa Candu

Kecanduan itu tidak baik.

Kalo Anda memikirkan kata kecanduan, apa yang terlintas di dalam pikiran Anda? Kalo saya sih rokok, narkoba, uang atau seks. Namanya candu itu kalo membuat kita terikat maka hal tersebut sangat berbahaya.

Bagaimana kalo kepuasan dan kenyamanan hidup? Apakah itu tidak termasuk candu?

Sebagai manusia kita sudah pasti akan selalu menginginkan kebahagiaan dan kenyamanan hidup. Dan selalu menghindari yang namanya kesedihan dan penderitaan.

Manusia yang tidak bahagia sudah pasti akan dinamakan menderita. Dan untuk menghindari penderitaan dan kesedihan mereka akan selalu mencari cara untuk mengejar yang namanya kebahagiaan dan kenyamanan hidup.

Jika kita ingin bahagia sebenarnya kita tidak perlu mencari, apalagi mengejar. Yang perlu kita lakukan hanyalah untuk menghindari kegiatan atau perilaku yang dapat membuat kita sedih atau menderita.

Yah.. namanya juga kehidupan sudah pasti akan selalu ada penderitaan dan juga kebahagiaan. Tidak dapat dipisahkan.

Hindari Candu

Apapun bentuk candu itu tidak akan membuat kita merasa bahagia sampai kapanpun. Termasuk candu untuk mengejar kebahagiaan, mengejar ketenangan, mengejar surga, mengejar kebaikan.

Kata "mengejar" sendiri sudah tidak mencerminkan kebahagiaan dan kenyamanan, dimana mengejar adalah adalah sesuatu yang dinamis. Sesuatu yang membuat kita terus bergerak (pikiran dan tindakan).

Saya sudah melihat banyak sekali orang yang mengejar kebahagiaan yang justru terjerumus ke dalam sebuah penderitaan. Dimana orang orang yang mengejar kekayaan justru terlilit hutang dan akhirnya menderita.

Sebut saja pak Ahmad, seorang pebisnis yang terobsesi dengan citra sukses dan gaya hidup mewah. Ia terus-menerus mengambil risiko finansial yang besar untuk mengembangkan bisnisnya, seringkali dengan mengandalkan pinjaman dan kredit. Meskipun awalnya tampak berhasil dengan pertumbuhan bisnis yang cepat, akhirnya bisnis Ahmad mengalami penurunan dan ia kesulitan membayar kembali hutang-hutangnya yang menumpuk. Obsesinya terhadap kekayaan dan ketenaran membuatnya kehilangan pandangan atas realitas finansial dan akhirnya terjebak dalam lingkaran hutang yang semakin merugikan.

Kita wajib untuk berhati hati di dalam mencari apa yang menjadi tujuan hidup kita. Saya sendiri tidak akan pernah tahu apa yang harus kita cari di dunia ini. Saya tidak dapat menyarankan Anda untuk mengejar satu hal di dalam hidup. Hanya Anda yang tau apa yang pantas dan dapat membuat hidup Anda menjadi lebih berarti dan bahagia, puas atau nyaman.

Setiap orang memiliki kapasitas dan kemampuan masing masing. Setiap candu yang dialami oleh orang lain mungkin tidak akan menjadi candu bagi manusia lainnya. Setiap hal yang buruk bagi satu orang mungkin adalah satu kebaikan bagi yang lainnya.

Yang saya tahu adalah setiap candu merupakan bentuk yang membuat kita ketagihan untuk melakukannya lagi dan lagi.

Candu terhadap kekayaan mungkin dianggap buruk, candu terhadap cinta mungkin juga tidak begitu baik. Keseimbangan adalah kunci untuk menjalani hidup dengan baik dan nyaman.

Candu membuat kita tidak seimbang.

Mengejar kebahagiaan dan kenyamanan hidup merupakan salah satu candu yang membuat hidup kita menderita dan tidak nyaman. Kembali lagi pada kata kunci "kehidupan bahagia" adalah menghindari hal hal yang membuat kita tidak bahagia.

Menghindari bukan berarti kita harus diam saja dan berpikir terlalu lama untuk bertindak. Namun dengan sigap kita melihat situasi, keadaan yang dapat menimbulkan ketidak-bahagiaan. Dan alangkah lebih baiknya jika kita juga mampu melihat ketidak-bahagiaan bagi diri sendiri dan juga orang lain.

Mulai sekarang, alih alih mengejar kebahagiaan, alangkah baiknya jika kita mulai menghindari hal hal yang dapat menimbulkan ketidak-bahagiaan pada diri kita.

Mengejar membutuhkan kecepatan.

Dengan kecepatan yang semakin tinggi, Anda kemungkinan besar tidak dapat memperhatikan apa yang telah Anda lewatkan. Siapa tahu ada yang terlewatkan dalam "pengejaran" Anda yang mana dapat membuat hidup Anda bahagia.

Candu mengejar kebahagiaan dan kenyamanan hidup dapat membuat Anda hidup di dalam sebuah keegoisan. Anda hanya selalu berpikir tentang kebahagiaan Anda, kenyamanan hidup Anda dan hanya berfokus pada hal tersebut. Yang lainnya, tidaklah penting.

Hal inilah yang sering membuat saya sering gemas. Melihat rekan kerja, melihat masyarakat kita kecanduan kebahagiaan dan kenyamanan hidup mereka sendiri tanpa melihat juga kebutuhan dan kebahagiaan orang lain.

Saya sadar, bahwa untuk mencapai apa kita inginkan terkadang kita tidak mempedulikan apa kata orang lain, karena kita menjalani hidup kita sendiri. Namun, saya rasa hidup seperti itu hanya akan membuat kita menjadi semakin kecanduan dan pada saat "sakau" (perlu kebahagiaan atau kenyamanan hidup) kita akan melakukan apa saja untuk mendapatkan kebahagiaan dan kenyamanan tersebut.

Hindari hal yang membuat tidak bahagia

Sekali lagi, mengejar dan mengindari adalah kata kunci pada artikel saya ini. Keduanya hal tersebut adalah dinamis. Karena kita tahu saat kita tidak dinamis dan hanya diam, maka kita tidak dapat dikatakan hidup.


Penulis blog

Tidak ada komentar