Motivasi

Tindakan Kecil dan Konsisten

Goldenadi Goldenadi
Agustus 18, 2023
0 Komentar
Beranda
Motivasi
Tindakan Kecil dan Konsisten

 Mudah untuk menjadi sehat, segar dan bersemangat. Mudah untuk merdeka dalam hal finansial. Mudah untuk memiliki keluarga yang bahagia dan hidup penuh dengan hubungan yang berarti. Sederhana, disiplin, lakukan secara konsistensi setiap kali, akan berakhir dengan pencapaian yang sangat besar  - Jeff Olson 


Satu lagi kata bijak yang ingin saya sampaikan;


In order to achieve success, we need to take massive actions, massive actions, massive actions…” – Tony Robbins

Artinya; jika Anda ingin mencapai kesuksesan, kita harus melakukan tindakan yang besar, tindakan besar, tindakan besar.

Tindakan Kecil dan Konsisten


2 Kata bijak yang membuat saya tertarik pada dua sisi.

Satu kata bijak menganjurkan untuk melakukan tindakan yang sederhana, kecil namun secara konsisten. Namun di sisi lain, seorang motivator kenamaan menganjurkan untuk melakukan tindakan yang besar, masal, masif.

Terus saya harus mengikuti saran yang mana?

Dari kedua kata bijak tersebut poin yang sama adalah konsistensi. Memang Tony Robbins tidak menggunakan kata konsistensi, tapi dia menggunakan kata massive actions tiga kali.

Jadi apapun yang ingin Anda capai, Anda harus konsisten dan tekun dalam melakukan apa saja untuk tujuan Anda tersebut.

Terus apakah tindakan sederhana atau massive actions yang lebih penting?

Menurut saya keduanya Tidak penting!

Yang penting adalah actionnya.

Entah sederhana, kecil, tidak berarti, atau masive, keduanya adalah action, tindakan, yang mana akan menghasilkan sesuatu, baik itu buruk atau baik.

Dan, yang perlu Anda ketahui adalah setiap tindakan kecil jika Anda secara konsisten melakukannya maka Anda akan mendapatkan hasil yang besar.

Terus, kalo tindakan kecil akan mendapatkan hasil yang besar, maka tindakan masif atau massive action itu akan menghasilkan hasil yang lebih besar lagi dong?

Betul sekali!

Kalo begitu, mending ikutin Tony Robbins untuk menjadi sukses.

Itu terserah Anda.

Tapi perlu diingat, konsistensi adalah kunci dari kesuksesan dalam hal ini.

Apakah dengan bertindak besar Anda dapat terus menerus melakukan massive action tersebut?

Jika bisa, maka itu bagus sekali.

Namun bagi yang tidak bisa, ya cukup lakukan yang sederhana dan kecil secara konsisten.

Buat Anda yang ingin melakukan hal hal besar dan tidak sabaran, maka tutup halaman ini dan lakukan hal hal besar yang dapat Anda lakukan hari ini.

Buat Anda yang ingin melakukan hal hal atau tindakan tindakan kecil secara konsisten, maka silakan lanjutkan bacanya.

Konsistensi Membutuhkan Energi

Tujuan tujuan yang telah kita buat sudah pasti telah kita perhitungkan.

Anda telah menghitung apa saja yang Anda butuhkan untuk mencapai semuanya itu.

Anda mungkin juga telah menghitung, berapa lama untuk mendapatkan hasil dalam jumlah tertentu.

Setiap tujuan yang Anda buat, dan setiap rentang waktu yang telah Anda tentukan, maka Anda membutuhkan energi untuk mencapai tujuan tersebut.

Jika Anda bekerja dalam satu hari, maka Anda pasti dapat mengatur waktu agar produktivitas Anda dapat bertahan sampai satu hari tersebut.

Ada yang menyarankan untuk mengerjakan hal hal yang sulit terlebih dahulu dan menyelesaikan tugas yang sederhana setelah tugas yang sulit selesai.

Saran itu berguna untuk mempertahankan kinerja Anda dalam satu periode kerja, karena Anda akan menggunakan energi dalam satu periode kerja tersebut. Dalam satu hari Anda harus dapat mengatur energi dengan tujuan agar kinerja Anda tetap stabil.

Lalu bagaimana dengan tujuan dan cita cita  dalam hidup anda?

Apakah Anda dapat menghitung rentang waktu untuk sampai bisa meraih cita cita tersebut?

Sama halnya dengan mengatur waktu dan energi dalam bekerja satu hari tersebut. Anda tidak bisa jor-jor-an mengeluarkan tenaga di awal saja dan melemah di tengah jalan.

Bertindak Kecil Namun Konsisten

Dengan bertindak kecil setiap hari, Anda akan mendapatkan hal yang besar pada rentang waktu 1 tahun, 5 tahun, atau sepuluh tahun.

Sama halnya dengan bunga deposito. Meskipun mungkin bunganya hanya 100.000 dalam sebulan, kalo sudah 10 tahun maka total bunganya saja menjadi 12.000.000.

Apa Keuntungan Bertindak Kecil Secara Konsisten

Mungkin Anda pernah mendengar salah seorang teman berkata;

Aku dapat melakukan lari sejauh 5 kilometer setiap hari (namun bulan depannya dia tidak pernah melakukannya lagi)

Aku dapat menulis 10.000 kata dalam satu hari (namun Anda tidak pernah lihat artikelnya dimana mana)

Aku bisa bla bla bla..(namun Anda melihat ble ble ble...)

Ketiga contoh di atas adalah mereka melakukan massive action tanpa dibarengi dengan level energi yang konsisten. Mungkin saja mereka baru saja mendengar atau membaca satu motivasi di salah satu media dan terinspirasi untuk melakukan massive action tersebut. Tapi motivasi dan inspirasi saja tidak akan membuat energi kita bertambah.

Saya yakin, energi tidak dapat dibohongi.

Meskipun motivator dunia kelas paling atas sekalipun tidak akan mampu membuat orang sukses jika level energinya tidak stabil. Dengan bertindak kecil namun konsisten, Anda akan menghemat energi.

Dengan menghemat energi yang Anda miliki untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai, maka Anda akan dapat melakukan hal yang dapat mendekatkan Anda dengan tujuan yang diinginkan. Meskipun tanpa motivasi dan inspirasi dari luar sekalipun.

Anda hanya membutuhkan diri sendiri untuk mendorong diri Anda sendiri.

Jika Anda memiliki energi level yang stabil, dengan dorongan sedikit saja, Anda akan melakukan apapun untuk melakukannya dan menyelesaikannya.

Ibaratnya bensin adalah energi Anda dan percikan api kecil adalah inspirasi dan motivasi.

Keuntungan dengan bertindak kecil namun konsisten akan membuat Anda memiliki energi yang lebih baik untuk melakukan apa yang harus Anda lakukan untuk mendekatkan diri Anda kepada tujuan.

Selain itu adapun keuntungan yang lainnya.

- Anda membutuhkan waktu dan usaha yang sedikit untuk menyelesaikannya.

- Anda tidak akan mampu memberikan alasan untuk menghindari apa yang harus Anda lakukan, karena saking sederhananya, Anda akan melakukannya sampai selesai.

- Anda dapat lebih fokus pada hal yang sedang Anda kerjakan.

- Anda akan melakukan sedikit kesalahan karena energi Anda akan stabil dan tugas yang tidak terlalu berat.

- Anda memiliki fleksibilitas untuk menyelesaikan tugas kecil itu, baik waktu atau tempat.

- Anda mampu untuk mendapatkan peningkatan secara konsisten.

- Kalopun Anda gagal untuk melakukan rutinitas kecil itu, Anda dengan mudah untuk kembali ke jalur yang seharusnya Anda lakukan.

Kebanyakan Orang itu Ga Sabar

Kebanyakan orang gagal untuk melakukan tindakan tindakan kecil namun sangat penting dalam perkembangan mereka dalam mencapai tujuan hidup mereka. Karena mereka berorientasi pada hasil yang kilat.

Saya terkesan dengan istilah Micro Hustle Macro Patience yang dikatakan oleh Gary Vaynerchuck.

Arti dari istilah itu adalah kita harus berusaha sekuat tenaga untuk hari itu seolah olah tidak ada hari esok, namun kita juga harus bersabar untuk waktu yang lama untuk melihat hasilnya.

Dimana Gary V sendiri sadar, bahwa untuk mencapai sesuatu yang besar dibutuhkan waktu, namun dengan terus melakukan tindakan tindakan yang dibutuhkan setiap hari maka tujuan kita akan semakin dekat.

Saya sedang tidak membangun sebuah gedung pencakar langit atau gedung yang paling besar dan kuat, saya hanya sedang menumpuk batu bata dan direkatkan dengan sesempurna mungkin, dan saya melakukannya setiap hari dan hasilnya akan Anda lihat - Will Smith


Penulis blog

Tidak ada komentar